Sunday, October 6, 2013

Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson

Head buntu atau tulisan tidak keluar saat print adalah masalah yang sering sekali dihadapi oleh pengguna printer termasuk kita semua. Salah satu printer yang sering mengalami masalah head buntu adalah Epson. Kenapa Demikian karena Anda menggunakan Tinta yang salah atau menggunakan Tinta Produk abal2. Gunakan Tinta yang bekelas Jika Anda pengguna EPSON. ( silahkan Anda menuju pada menubar diatas ) . Pada Kasus ini saya mengambil sample Printer Vendor Epson Tipe R230, 

Penyebab Head Buntu pada Printer Epson :
1. Printer epson jarang di gunakan.( tinta jelek  kualitasnya )


2. Printer epson jarang dilakukan perawatan ( misalnya print head cleaning ).
3. Sering berganti ganti jenis dan merk tinta epson.
4. Terlambat untuk mengisi ulang tinta, sehingga terjadi overheat / kepanasan di head printer epson.

Peralatan untuk Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson :

1. Cairan pembersih head (head cleaner), merk terserah anda. Kalau didaerah anda sulit mendapatkan cairan ini, gunakan cairan pembersih kaca dicampur dengan sedikit alkohol dan air.
2. Suntikan dilengkapi dengan selang untuk nozzle head epson
3. Tissue

Berikut ini Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson :

1. Siapkan suntikan berisi 5ml cairan pembersih head dan tissue yang sudah di lipat, lalu pasang nozzle karet pada suntikan.


2. Posisikan head unit ke tengah printer dgn software atau manual, lalu ambil catridge dan cabut kabel power printer.
3. Geser Head ke pinggir, lalu pasang tissue secara merata di depan roll kertas printer.
4. Tancapkan selang pada tiang nozzle printer epson yang headnya buntu, lalu tarik suntikkan hingga 10ml, tekan suntikan perlahan lahan hingga cairan habis.


5. Jika tinta beku yang menyumbat yang mengakibatkan head buntu pada nozzle sudah keluar pada tissue, maka proses pembersihan nozzle telah berhasil.
6. Pasang kembali catridge epson yang sudah terisi tinta , Lakukan head cleaning dan print Nozzle check pattern secara software / manual. Dan head buntu pada epson sudah teratasi.

Demikian penjelasan tentang Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson, semoga bermanfaat!




Share this

2 Responses to "Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson"

  1. mksh info nya gan.. sangat membantu..
    ngemeng2 bagi yang mau dapat penghasilan tambahan silahkan gabung dimari http://surgaklik.com/?r=dedeluthson. no tipu-tipu.. pendaftaran gratis

    ReplyDelete
  2. Sy punya orint format large epson 7890. Waktu sy pakai tuk cetak photo warnanya lari sehingga sy cleaning head sampai nozzle chek. Dari hasil tersebut warnah yellow dan vivit magrnta yg putus sampai sy cleanig head berulang kali namun hasilx tetap sama. Tidak ada perubahan dari hasil nizzle chek dari warna yello dan vivi magenta dari putus2 x tinta. Sy minta petunjuk apa yg bisa sy lakukan agar segera teratasi. Seblumx sy ucapkan terimah kasih dan berharap pertolonganx.

    ReplyDelete