Friday, October 4, 2013

Service Canon Tulisan Tidak Rata

Printer Canon / Epson hasil cetakan Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus biasanya terjadi karena Encoder pada printer merk printer apapun kotor atau kena bercak tinta atau terluka, Maka kita harus menggati atau mencoba untuk membersihkan Encoder tersebut kalo masih memungkinkan. OK langsung saja kita menuju ke TKP ......

Indikasi awal :
Hasil Print tidak bisa lurus atau rata kiri apalagi kalau untuk ngeprint garis akan sangat kelihatan tidak lurus. Berikut hasil printnya yg berhasil kang Eko abadikan :


Cara Service Canon iP1980 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus :

1. Bongkar Printer Anda pada kasus ini printer IP 1880/1890. Mohon maaf untuk panduan bongkar belum ada. Urutannya buka tutup samping kanan kiri dengan mendorong ke belakang, baru kemudian tutup bagian tengahnya.

2. Amati encodernya. Encoder adalah pita sensor yg terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :




3. Encoder kena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di encoder tersebut. untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, Anda bisa menggunaka HEAD CLEANER tinta, Rendam Encoder tersebut kedalam head Cleaner tinta, Jika Anda tidak punya Anda bisa secara extreme dengan merendam dengan Air Panas, Jika Tinta belum juga luntur, Anda bisa mencoba dengan mengelapnya dengan kain kattun agak di tahan dengan dua jari. dan jika memang nanti setelah di pasang hasilnya belum bagus, Maka Anda lebih baik mencarikan gantinya, biasanya di bengkel printer ada yang jual , paling mahal sekitar 25.000 rupiah

4. Jadi penyakitnya adalah encoder yg kena cipratan tinta. Dan akibatnya hasil print jadi kacau dan tidak lurus.... bahkan ada tulisan yg kelihatan patah seperti teriris..

5. Selesai....


Share this

0 Comment to "Service Canon Tulisan Tidak Rata"

Post a Comment